Thursday, April 11, 2013

Variabel Penelitian (Kuantitatif)



Menurut Zainal Mustafa, variabel adalah indikator yang mempunyai nilai bervariasi. Apabila dikaitkan dengan hirarki dari sebuah konsep, indikator merupakan ukuran paling kecil dari sebuah konsep. Berdasarkan indikator inilaih kemudian disusun instrumen untuk membantu pengumpulan data. Pertanyaan yang disusun dalam instrumen untuk setiap indikator dapat lebih dari satu pertanyaan, meskipun demikian, indikator tetap merupakan komponen sebuah konsep yang paling kecil. (Zainal Mustafa: 2009, 22)
Sedangkan menurut Prof. Dr Sugiyono, variabel merupakan gejala yang menjadi fokus peneliti untuk diamati. Variabel itu sebagai atribut dari sekelompok orang atau objek yeng mempunyai variasi antara stu dengan yang lainnya dalam kelompok itu. (Sugiyono: 2005, 2)
Menurut F.N Kerlinger variabel sebagai sebuah konsep. Variabel merupakan konsep mempunyai nilai yang bermacam-macam. Suatu konsep dapat diubah menjadi suatu variabel dengan cara memusatkan pada aspek tertentu dari variabel itu sendiri.


VARIABEL PENELITIAN
A.    VARIABEL INDEPENDEN (Variabel Bebas)
Variabel ini sering disebut sebagai variabel stimulus, input, prediktor, dan antecedent Variabel Bebas adalah suatu variabel yang variasi nilainya akan mempengaruhi niai variabel yang lain.

B.     VARIABEL DEPENDEN (Variabel Terikat)
Sering disebut sebagai variabel respon, output, kriteria, konsekuen. Variabe terikat adalah suatu variabel yang variasi nilainya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variasi nilai variabel yang lain.

Kedudukan dua variabel











 


C.     VARIABEL KONTROL
Variabel kontrol adalah variabel bebas yang dalam pelaksanaan penelitian tidak dimasukkan sebagai variabel bebas tetapi justru keberadaannya dikendalikan (dikontrol). Dengan mengendalikan beberapa variabel tersebut, maka pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat merupakan pengaruh yang bersih (murni), dan variabel yang dikendalikan tersebut tidak lagi mencemari variabel terikatnya.







D.    VARIABEL MODERATOR
Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen dan dependen. Variabel ini sering disebut sebagai variabel independen kedua.
Variabel moderating ini biasanya ditemukan jika peneliti melakukan pengkajian penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian yang sekarang dilakukan, khususnya yang hasilnya menolak hipotesis. Meskipun hal ini tidak terlalu mudah ditemui peneliti, namun upaya menemukan variabel moderating akan semakin melengkapi model penelitian yang dilakukan.












E.     VARIABEL INTERVENING (Variabel Antara)
Variabel antara adalah variabel yang menjadi antara adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dilihat dari proses nya, variabel antara terletak diantara variabel bebas dan variabel terikat dalam suatu model.



 
F.      VARIABEL PENGGANGGU
Variabel penganggu adalah variabel yang variasi nilainya dapat menganggu (mengacaukan) pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Suatu model pengaruh atau hubungan tidak pernah dapat terhindar dari hadirnya variabel penganggu, karena model yang dibangun bukanlah bersifat determistik (semua variabel mempunyai sifat yang pasti) tetapi bersifat sokastik (nilai dari variabel terikat dalam kondisi ketidak pastian; mengandung unsur probabilitas)
Variabel penganggu sebenarnya adalah variabel bebas yang tidak dimasukan ke dalam model, tetapi bukan merupakan variabel utama yang menjadi fokus perhatian peneliti.

G.    VARIABEL KONTINYU & VARIABEL DIDKRIT
1)      Variabel Kontinyu (Continous variable)
Variabel kontinyu adalah variabel yang mempunyai nilai dalam jangkauan yang tak terhingga kecilnya dan tak hingga besarnya. Pada umumnya harga dari variabel kontinyu diperoleh dari hasil pengukuran.

2)      Variabel Diskritn (Discrete variable)
Sering disebut variabel kategori, yaitu variabel yang nilainya selalu dalam angka bulat (tidak pecahan) dan biasanya diperoleh dari hasil penghitungan (mencacah), sehingga penyajiannya dalam bentuk frekuensi.


Daftar Pustaka
Mustafa, Zainal. Mengurai Variabel hingga Instrumentasi. 2009. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. 2005. Bandung: Alfabeta

Daftar Situs
id.wikipedia.org/wiki/variabel

No comments:

Post a Comment