Monday, April 22, 2013

SEJARAH SENI RUPA BARAT 1



Sinopsis Sejarah Seni Rupa Barat I

SENI RUPA ABAD PERTENGAHAN
Disebut Seni Rupa Abad Pertengahan karena merupakan peralihan dari dunia klasik ke dunia modern (yaitu antara periode kuno dan periode Reinaisans (±400-1400 M)). Pada masa ini lah mulai muncul agama Kristen yang kemudian mempengaruhi dalam penciptaan karya seni rupanya.
SENI RUPA KISTEN AWAL
                Pada awal mula, masuknya agama Kristen di Eropa benar-benar dilakukan secara diam-diam dan dilakukan dibawah tanah.  Agama Kristen yang masih baru ini berbentuk suatu perkumpulan secara masal dan dilakukan dalam Katakom (kuburan bawah tanah). Kemudian perlahan-lahan mulai melakukan peribadatan dirumah-rumah warga secara bergantian. Hal ini dilakukan karena, pada awalnya Negara Romawi belum menyetujui dan menerima agama tersebut. Dalam perkumpulan yang mereka lakukan, mulaiah diakukan adanya sekolah ilustrasi dan menulis indah, yang kemudian ilustrasi itu digunakan dalam kitab agama.
                Karena dalam agama Kristen awal ini dilarang menggambarkan manusia secara utuh dalam bentuk apapun (baik lukisan maupun patung), maka Eropa mengalami kemunduran dalam berkarya. Pandangan yang didasarkan pada Seni Rupa Yunani yang sudah maju (yang pada awanya mereka mampu menggambarkan manusia dengan sangat naturalistik sekali, atau patung manusia dengan gaya yang sangat luwes dan nyata, serta draperi yang sangat sempurna) karena pengaruh agama Kristen kemudian menjadikan gaya dari seni rupa mereka menjadi abstraksi.
                Namun karena hal tersebut, menjadikan seniman Eropa mengalami kemajuan dalam menghadapi tantangan berupa kreatifitas dalam mengembangkan figur-figur yang mengalami abstraksi atau penyederhanaan menjadi simbol-simbol. Karena itu, simbolisme menjadi sangat penting dengan penggunaan lambang-lambang dalam seni rupa agama Kristen.


KARYA SENI MOZAIK
                Mozaik adalah teknik dalam seni lukis yang lebih awet dan tahan lama, serta memiliki karakteristik estetis.  Penggunaan mozaik dalam melukis bisa berbahan dasar dari kaca, maupun batu. Atau yang lebih terkenal dengan sebutan kaca patri.
                Dalam seni rupa Kristen, penggunaan mozaik tidak sesederhana waktu jaman Romawi, tapi menjadi lebih kompleks dan berkilauan hingga memunculkan kilauan-kilauan yang menjadikan kesan surgawi (yang kemudian menjadi cirri khan Bizantium). Mozaik yang indah ada pada gereja Katedral.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment