MINAT BELAJAR TERHADAP PELAJARAN SENI
BUDAYA
Minat belajar adalah suatu penerimaan akan suatu hubungan antara diri
sendiri dengan sesuatu diluar diri. Seseorang memiliki minat terhadap subjek
tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek
tertentu (Djamarah, 2008)
Minat belajar adalah kecenderungan dan gairah yang tinggi atau keinginan
yang besar terhadap sasuatu yang ingin dicapai (Syah, 2006)
Kemampuan sebenarnya menunjuk pada satu atau lebih dari satu kemampuan
dalam bidang seni. Bidang seni visual dalam konteks keberbakatan berarti melukis,
desain, komposisi musik, memahat, dan bentuk lain seni yang produknya dapat
diamati secara langsung. Selain segi kreativitas, kemampuan terkait juga
merupakan kemampuan mental untuk menggambarkan dan menanggapi sesuatu secara
kongkret. (Semiawan, 1997)
Thomas Jefferson menegaskan bahwa semua manusia diciptakan setara,
tetapi bukan berarti mereka diciptakan sama persis. Menurut Jefferson,
keterampilan/ bakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian
kita, siapa diri kita. (Freidman, Schustack, 2006)
Banyak faktor yang melatar belakangi meningkatnya minat belajar siswa
antara lain yaitu motivasi dari orang tua dan orang sekitar, lingkungan, kelengkapan
fasilitas belajar di rumah maupun pendidikan, perilaku mahasiswa itu sendiri
dan lain-lain. Namun tidak semua siswa mendapatkan hal tersebut dan akibatnya
dapat mengurangi minat belajar siswa (Sukmadinata, 2007)
KISI-KISI
NO
|
DIMENSI
|
INDKATOR
|
NOMER SOAL
|
JUMLAH SOAL
|
1
|
Kesukaan
|
Gairah
|
7, 9, 19
|
3
|
Inisiatif
|
8, 6
|
2
|
||
2
|
Ketertarikan
|
Responsif
|
16, 17
|
2
|
Kesegeraan
|
2, 13
|
2
|
||
3
|
Perhatian
|
Konsentrasi
|
3, 10, 15
|
3
|
Ketelitian
|
20, 16
|
2
|
||
4
|
Keterlibatan
|
Kemauan
|
12, 14
|
2
|
Keuletan
|
4, 5, 11
|
3
|
||
Kerja Keras
|
1, 18
|
2
|
||
|
Jumlah soal
|
|
|
20
|
Minat
merupakan kemampuan seseorang untuk memberikan perhatian terhadap suatu objek
yang disertai dengan rasa senang dan dilakukan penuh kesadaran.
Peserta
didik yang menaruh minat pada suatu mata pelajaran, perhatiannya akan tinggi
dan minatnya berfungsi sebagai pendorong kuat untuk terlibat secara aktif dalam
kegiatan belajar mengajar pada pelajaran tersebut.
Contoh
tes minat peserta didik terhadap mata pelajaran:
INSTRUMEN NON TES MINAT SISWA
TERHADAP PEMBELAJARAN DI SD NEGERI
SAGAN
Mata
Pelajaran : Seni Budaya Kelas/ Semester : 5
(lima) / 2 (dua)
Hari/tanggal
: 12 Desember 2012
Petunjuk
1.
Pada angket ini terdapat 20 pernyataan. Pertimbangkan baik-baik setiap pernyataan
dalam kaitannya dengan materi pembelajaran yang baru selesai kamu pelajari, dan
tentukan kebenaranya. Berilah jawaban yang benar-benar cocok dengan pilihanmu..
2.
Pertimbangkan setiap pernyataan secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu
jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain.
3.
Catat responmu pada lembar jawaban yang tersedia, dan ikuti petunjuk-petunjuk lain
yang mungkin diberikan berkaitan dengan lembar jawaban. Terima kasih.
Keterangan Pilihan
jawaban:
1.
SS = sangat setuju
2.
S = setuju
3.
KK = kadang-kadang
4.
J = jarang
5.
TP = tidak pernah
Berilah tanda silang pada pilihan anda!
NO
|
SOAL
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
1
|
Saya mengerjakan soal-soal latihan di rumah.
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
2
|
Saya segera mengerjakan tugas Seni
Budaya sebelum datang tugas lain
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
3
|
Saya asyik dengan pikiran sendiri ketika guru
menerangkan seni budaya di kelas.
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
4
|
Saya harus bekerja sangat keras
agar berhasil dalam pembelajaran ini.
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
5
|
Apakah saya akan berhasil/tidak
berhasil dalam pembelajaran ini, hal itu tergantung pada saya.
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
6
|
Saya membaca dahulu materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
7
|
Saya semangat jika ada pelajaran
Seni Budaya
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
8
|
Saya suka membaca buku Seni Budaya
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
9
|
Saya
merasa pelajaran ini sangat bermanfaat
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
10
|
Saya tidak terlalu aktif dalam
pelajaran ini
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
11
|
Untuk mencapai tujuan saya, penting
bagi saya untuk berhasil dalam pembelajaran ini.
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
12
|
Saya berusaha memahami pelajaran ini.
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
13
|
Saya berusaha menyerahkan tugas tepat waktu.
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
14
|
Saya berusaha mencari bahan pelajaran di perpustakaan
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
15
|
Saya sering melamun pada saat
pelajaran Seni Budaya
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
16
|
Setelah sampai rumah saya
mengulangi lagi pelajaran yang dipelajari tadi
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
17
|
Pelajaran ini unik, dan menarik
untuk saya
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
18
|
Saya berusaha mengerjakan tugas,
meski terlihat susah
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
19
|
Saya rugi bila tidak mengikuti pelajaran
ini
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
20
|
Sebelum mengumpulkan tugas, saya
membaca dan mengecek nya terlebih dahulu
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
Daftar
Pustaka
Djamarah
S.B. Psikologi Belajar. Edisi 2.
2008. Jakarta: Rineka Cipta
Fauza,
Rahmawani. Karya Tulis Imiah:
Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Belajar Mahasiswa IV Di Akademi
Kebidanan Imeda Medan. 2007. Medan: Universitas Sumatra Utara
Friedman,
Howard S; Schustack, Miriam W. Kepribadian.
2006. Jakarta: Penerbit Erlangga
Semiawan,
Conny. Perspektif Pendidikan Anak
Berbakat. 1997. Jakarta: PT Gramedia
Sukardi,
Drs, Dewa K. Analisis Tes Psikologi.
1990. Jakarta: Rineka Cipta
Sukmadinata,
Prof. Pengendalian Mutu Pendidikan
Sekolah Menengah. 2007. Jakarta: Refika Andi Tama
Syah,
M. Psikologi Belajar. 2006. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Daftar
Web
http://suhadinet.files.wordpress.com/2008/06/angket-model-arcs-untuk-mengukur-motivasi-belajar-dan-minat-belajar-siswa1.pdf
No comments:
Post a Comment