Thursday, April 11, 2013

Instrumen Non - Tes



MINAT BELAJAR TERHADAP PELAJARAN SENI BUDAYA

Minat belajar adalah suatu penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu diluar diri. Seseorang memiliki minat terhadap subjek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tertentu (Djamarah, 2008)
Minat belajar adalah kecenderungan dan gairah yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sasuatu yang ingin dicapai (Syah, 2006)
Kemampuan sebenarnya menunjuk pada satu atau lebih dari satu kemampuan dalam bidang seni. Bidang seni visual dalam konteks keberbakatan berarti melukis, desain, komposisi musik, memahat, dan bentuk lain seni yang produknya dapat diamati secara langsung. Selain segi kreativitas, kemampuan terkait juga merupakan kemampuan mental untuk menggambarkan dan menanggapi sesuatu secara kongkret. (Semiawan, 1997)
Thomas Jefferson menegaskan bahwa semua manusia diciptakan setara, tetapi bukan berarti mereka diciptakan sama persis. Menurut Jefferson, keterampilan/ bakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian kita, siapa diri kita. (Freidman, Schustack, 2006)
Banyak faktor yang melatar belakangi meningkatnya minat belajar siswa antara lain yaitu motivasi dari orang tua dan orang sekitar, lingkungan, kelengkapan fasilitas belajar di rumah maupun pendidikan, perilaku mahasiswa itu sendiri dan lain-lain. Namun tidak semua siswa mendapatkan hal tersebut dan akibatnya dapat mengurangi minat belajar siswa (Sukmadinata, 2007)
KISI-KISI
NO
DIMENSI
INDKATOR
NOMER SOAL
JUMLAH SOAL
1
Kesukaan
Gairah
7, 9, 19
3
Inisiatif
8, 6
2
2
Ketertarikan
Responsif
16, 17
2
Kesegeraan
2, 13
2
3
Perhatian
Konsentrasi
3, 10, 15
3
Ketelitian
20, 16
2
4
Keterlibatan
Kemauan
12, 14
2
Keuletan
4, 5, 11
3
Kerja Keras
1, 18
2

Jumlah soal


20


Minat merupakan kemampuan seseorang untuk memberikan perhatian terhadap suatu objek yang disertai dengan rasa senang dan dilakukan penuh kesadaran.
Peserta didik yang menaruh minat pada suatu mata pelajaran, perhatiannya akan tinggi dan minatnya berfungsi sebagai pendorong kuat untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran tersebut.

Contoh tes minat peserta didik terhadap mata pelajaran:





INSTRUMEN NON TES MINAT SISWA
TERHADAP PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SAGAN
Mata Pelajaran : Seni Budaya                                                Kelas/ Semester : 5 (lima) / 2 (dua)
Hari/tanggal : 12 Desember 2012


Petunjuk
1. Pada angket ini terdapat 20 pernyataan. Pertimbangkan baik-baik setiap pernyataan dalam kaitannya dengan materi pembelajaran yang baru selesai kamu pelajari, dan tentukan kebenaranya. Berilah jawaban yang benar-benar cocok dengan pilihanmu..
2. Pertimbangkan setiap pernyataan secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain.
3. Catat responmu pada lembar jawaban yang tersedia, dan ikuti petunjuk-petunjuk lain yang mungkin diberikan berkaitan dengan lembar jawaban. Terima kasih.

Keterangan Pilihan jawaban:
1.      SS = sangat setuju       
2.      S = setuju    
3.      KK = kadang-kadang
4.      J = jarang
5.      TP = tidak pernah

Berilah  tanda silang pada pilihan anda!
NO
SOAL
SS
S
KK
J
TP
1
Saya mengerjakan soal-soal latihan di rumah.

SS
S
KK
J
TP
2
Saya segera mengerjakan tugas Seni Budaya sebelum datang tugas lain
SS
S
KK
J
TP
3
Saya asyik dengan pikiran sendiri ketika guru menerangkan seni budaya di kelas.

SS
S
KK
J
TP
4
Saya harus bekerja sangat keras agar berhasil dalam pembelajaran ini.
SS
S
KK
J
TP
5
Apakah saya akan berhasil/tidak berhasil dalam pembelajaran ini, hal itu tergantung pada saya.
SS
S
KK
J
TP
6
Saya membaca dahulu materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
SS
S
KK
J
TP
7
Saya semangat jika ada pelajaran Seni Budaya
SS
S
KK
J
TP
8
Saya suka membaca buku Seni Budaya
SS
S
KK
J
TP
9
Saya merasa pelajaran ini sangat bermanfaat
SS
S
KK
J
TP
10
Saya tidak terlalu aktif dalam pelajaran ini
SS
S
KK
J
TP
11
Untuk mencapai tujuan saya, penting bagi saya untuk berhasil dalam pembelajaran ini.
SS
S
KK
J
TP
12
Saya berusaha memahami pelajaran ini.

SS
S
KK
J
TP
13
Saya berusaha menyerahkan tugas tepat waktu.

SS
S
KK
J
TP
14
Saya berusaha mencari bahan pelajaran di perpustakaan
SS
S
KK
J
TP
15
Saya sering melamun pada saat pelajaran Seni Budaya
SS
S
KK
J
TP
16
Setelah sampai rumah saya mengulangi lagi pelajaran yang dipelajari tadi
SS
S
KK
J
TP
17
Pelajaran ini unik, dan menarik untuk saya
SS
S
KK
J
TP
18
Saya berusaha mengerjakan tugas, meski terlihat susah
SS
S
KK
J
TP
19
Saya rugi bila tidak mengikuti pelajaran ini
SS
S
KK
J
TP
20
Sebelum mengumpulkan tugas, saya membaca dan mengecek nya terlebih dahulu
SS
S
KK
J
TP









Daftar Pustaka

Djamarah S.B. Psikologi Belajar. Edisi 2. 2008. Jakarta: Rineka Cipta
Fauza, Rahmawani. Karya Tulis Imiah: Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Belajar Mahasiswa IV Di Akademi Kebidanan Imeda Medan. 2007. Medan: Universitas Sumatra Utara
Friedman, Howard S; Schustack, Miriam W. Kepribadian. 2006. Jakarta: Penerbit Erlangga
Semiawan, Conny. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. 1997. Jakarta: PT Gramedia
Sukardi, Drs, Dewa K. Analisis Tes Psikologi. 1990. Jakarta: Rineka Cipta
Sukmadinata, Prof. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. 2007. Jakarta: Refika Andi Tama
Syah, M. Psikologi Belajar. 2006. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daftar Web
http://suhadinet.files.wordpress.com/2008/06/angket-model-arcs-untuk-mengukur-motivasi-belajar-dan-minat-belajar-siswa1.pdf

No comments:

Post a Comment